Tuesday, August 19, 2014

Menjaga Kesehatan Ginjal Secara Alami

Tips menjaga kesehatan ginjal
Ginjal adalah satu dari sekian banyak organ yang menjaga tubuh tetap berada dalam kondisi yang sehat. Ginjal memiliki fungsi penting dalam menjaga metabolisme di dalam tubuh manusia. Menjaga tekanan darah, dan membuat sum-sum tulang belakang bekerja optimal untuk membuat sel darah merah adalah fungsi utama dari ginjal. Jika salah satu dari sepasang ginjal yang dimiliki oleh manusia itu terganggu maka rasa sakit yang teramat hebat akan dirasakan oleh si penderita. Berikut tips menjaga kesehatan ginjal yang perlu Anda ketahui untuk mendapatkan ginjal yang sehat dan tetap bekerja sesuai dengan fungsi utamanya.

Pola makan dan minum memang menjadi faktor utama terhadap keadaan ginjal. Sehat dan kurang sehat akan sangat ditentukan oleh apa yang kita konsumsi, seberapa sering kita mengkonsumsinya, serta efek samping ketika kita mengkonsumsi bahan makanan tersebut. Oleh karena itu, sangat dianjurkan agar Anda mengkonsumsi makanan sehat dan menjauhi lemak jahat yang dapat membuat sistem kerja ginjal terganggu.

Tips menjaga kesehatan ginjal lainnya adalah menjauhi merokok dan minuman yang mengandung alkohol, karena dua hal ini sangat berpengaruh terhadap kesehatan ginjal Anda. Semakin sering Anda mengkonsumi minuman ringan atau beralkohol serta merokok, maka semakin cepat pula Anda akan merasakan kerusakan pada ginjal. Oleh karena itu hindarilah kedua hal ini.

Selain itu untuk mendapatkan ginjal yang sehat Anda membutuhkan tips menjaga kesehatan ginjal berikut, yaitu dengan memperbanyak minum air putih. Air putih yang Anda konsumsi ini mampu membuat metabolisme lancar dan menjaga ginjal tetap berada dalam kondisi yang baik.

Rajin berolahraga juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan ginjal. Selain itu Anda juga harus menghindari berbagai macam obat-obatan. Meski sulit untuk terhindar dari obat-obatan di zaman seperti sekarang ini, namun cobalah untuk membiarkan sistem imun Anda bekerja. Bila sistem imun Anda mampu menyembuhkan penyakit yang Anda derita, maka obat sudah tidak Anda perlukan lagi. Ingatlah bahwa mengkonsumsi obat secara berlebih akan menambah beban kerja sepasang ginjal anda.

No comments:

Post a Comment