Tuesday, August 19, 2014

Menjaga Kesehatan Jantung dengan Mengubah Gaya Hidup

Menjaga kesehatan jantung
Semua manusia terlahir dengan tubuh yang sempurna, termasuk organ-organ yang ada di dalamnya yang berfungsi untuk menunjang segala aktivitas manusia. Ada banyak organ yang ada dalam tubuh ini seperti jantung, hati, dan lain-lain. Semua itu saling terhubung satu sama lain untuk mencapai satu tujuan bersama yaitu membantu mempertahankan keberlangsungan hidup manusia. Jantung merupakan salah satu organ tubuh yang berperan aktif dalam mentransfer nutrisi ke seluruh tubuh melalui bantuan darah. Maka dari besarnya peran jantung kita perlu untuk menjaga kesehatan jantung kita agar tetap berfungsi sebagaimana mestinya. Selanjutnya artikel ini akan membahas mengenai gaya hidup yang tepat agar jantung tetap terjaga kesehatannya.

Tips menjaga kesehatan jantung yang pertama dan paling direkomendasikan adalah olahraga. Kenapa olahraga? Jelas, karena olahraga memang merupakan aktivitas terbaik untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh. Ada banyak olahraga yang bisa anda pilih seperti lari, jogging, renang, sepak bola dan masih banyak lagi. Semuanya sama-sama bertujuan untuk meningkatkan kebugaran tubuh, akan tetapi pilihlah sesuai kesanggupan Anda. Jika ingin simpel dan mudah, cukup dengan lari-lari atau jalan santai selama beberapa jam. Meskipun hanya sederhana namun itu sangat berguna untuk meningkatkan fungsi jantung secara perlahan. Selanjutnya adalah menghilangkan kebiasaan merokok. Merokok tidak pernah memberikan manfaat kepada tubub sebab rokok memiliki kandungan kimia yang banyak serta berbahaya bagi tubuh Anda. Dengan mengurangi bahkan tidak merokok sama sekali maka anda telah mencoba untuk menurunkan resiko terkena penyakit jantung sebesar 50 persen.

Setelah melakukan aktivitas berat, saran selanjutnya untuk menjaga kesehatan jantung adalah dengan istirahat yang cukup. Mengapa istirahat perlu? Dan berapa jamkah idealnya untuk beristirahat? Jawabannya jelas perlu. Dengan istirahat maka kita akan membuat organ-organ kita yang seharian bekerja juga ikut istirahat. Jika organ tubuh terus dipacu maka akan berdampak buruk, seperti organ tubuh mengalami kelelahan yang ujung-ujungnya organ tubuh menjadi disfungsi. Idealnya Anda bisa mengambil rentang waktu antara 6 sampai 7 jam per hari untuk istirahat.

Demikian sekilas artikel mengenai cara-cara yang bisa anda lakukan untuk menjaga fungsi jantung dengan mengubah kebiasaan-kebiasaan buruk anda.

No comments:

Post a Comment